Kamis, 26 November 2015

Perencanaan Program Public Relation



  Pada dasarnya tujuan umum dari program kerja dan berbagai aktivitas Public Relation adalah cara menciptakan hubungan harmonis antara organisasi/perusahaan yang diwakilinya dengan publiknya atau stakeholder sasaran khalayak yang terkait. Hasil yang diharapkan adalah terciptanya citra positif (good image), kemauan baik (good will), saling menghargai (mutual appreciation), saling timbul pengertian (mutual understanding), toleransi (tolerance) antara kedua belah pihak.
 
          Menurut saya Public Relations (PR) bukanlah kegiatan yang sembarangan, justru kegiatan ini membutuhkan perencanaan yang berkelanjutan untuk menguntungkan pertumbuhan perusahaan/organisasi. Hal ini didasari oleh keyakinan bahwa kehidupan perusahaan/organisasi akan bergantung pada opini publik. Oleh karena itu, kegiatan PR harus dilakukan untuk membentuk respon positif dari opini publik tersebut. Untuk melaksanakan kegiatan PR dengan baik, maka diperlukan proses. Mengingat, kegiatan PR tidak hanya mementingkan hasil akhir, namun juga cara yang ditempuh untuk memperoleh hasil akhir tersebut. 

            Menurut Cutlip dan Center & Broom (2000) perencanaan program PR harus didasarkan kepada analisis lingkungan situasi dan kondisi sebagai berikut :
1.      A searching look backward, yaitu penelusuran masa lampau atau sejarah organisasi untuk menetapkan faktor-faktor yang memegang peranan penting dalam situasi yang sedang terjadi.
2.      A deep look inside, yaitu penelaahan terhadap fakta-fakta dan pendapat yang dipertimbangkan, dipandang dari sudut tujuan organisasi dan kemampuan internal organisasi.
3.      A wide look around, yaitu melihat kecenderungan-kecenderungan yang ada pada berbagai aspek (politik,sosial dan ekonomi ) di sekeliling kita, serta situasi dan kondisi saat ini untuk rencana mendatang.
4.      A long, long looks ahead ( jauh memandang ke depan ) tujuan dan pelaksanaan program organisasi ditentukan berdasarkan misi organisasi yang cukup realistic dan kemudahan dalam mencapai tujuan. 

Langkah-langkah kegiatan PR adalah :
1.      Menganalisis perilaku umum dan hubungan organisasi terhadap lingkungan.
2.      Menentukan dan memahami secara benar perilaku tiap-tiap kelompok terhadap organisasi
3.      Menganalisis tingkat opini public, baik intern maupun yang ekstern.
4.  Mengantisipasi kecenderungan-kecenderungan, masalah-masalah yang potensial, kebutuhan-kebutuhan dan kesempatan-kesempatan.
5.   Merencanakan alat atau cara yang sesuai untuk meningkatkan atau mengubah perilaku kelompok masyarakat sasaran.
6. Menjalankan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas sesuai dengan program yang telah direncanakan.
7.  Menerima umpan balik untuk dievaluasi, kemudian mengadakan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

Jadi, Rencana program PR sama pentingnya dengan menciptakan suatu fondasi yang kuat untuk sebuah organisasi/perusahaan. Tanpa didahului oleh rencana maka tidak akan mencapai hasil yang memuaskan. Apabila rencana program sudah disusun, bisa diharapkan akan menghasilkan sesuatu yang diinginkan sesuai dengan perencanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar