Minggu, 22 November 2015

Strategi Public Relation



Saya berpendapat bahwa Mengapa serorang praktisi PR membutuhkan strategi ?. seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa Strategi adalah cara seorang PR untuk lebih mengefektifkan dan mengefisienkan suatu program yang telah direncanakan sebelumnya. PR membutuhkan strategi dalam setiap aktivitasnya. sebagaimana diketahui sebelumnya, public relation/Humas bertujuan untuk menegakkan dan mengembangkan suatu “citra yang menguntungkan” bagi organisasi/perusahaan, atau produk barang dan jasa terhadap para stakeholdersnya sasaran yang terkait (publik internal dan publik eksternal).

           Ahmad S. Adnanputra,M.A., M.S., pakar Humas dalam naskah workshop berjudul Strategy (1990), mengatakan bahwa arti strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan produk dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi manajemen. Sebagaimana Manajemen memiiki unsur perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan, dan pengendalian.

Strategi Humas memiliki arti rencana jangka panjang untuk menyusun berbagai rencana teknis dan langkah komunikasi yang akan diambil dalam kegiatan kehumasan dengan memperhatikan jumlah anggaran dan waktu kegiatannya.

Strategi yang dilakukan oleh Humas pada dasarnya mengacu pada visi misi organisasi dan harus sejalan dengan strategi perusahaan, sehingga strategi yang dibuat harus berhubungan dengan perencanaan tersusun jangka panjang yang berhubungan dengan tujuan perusahaan.
Dalam hal ini, strategi Humas harus mempertimbangkan cara-cara yang dapat mengintegrasikan semua aktivitas seluruh stakeholdernya. Untuk itu perlu memahami apa yang ingin diketahui oleh stakeholder yang berbeda-beda.

Landasan umum dalam proses penyusunan strategi publik relation, menurut Ahmad S. Adnanputra dalam makalah “ PR Strategy” (1990), yang berkaitan dengan fungsi-fungsi PR/Humas secara integral melekat pada manajemen suatu perusahaan/lembaga yaitu :
1.      Mengidentifikasi permasalahan yang muncul
2.      Identifikasi unit-unit sasarannya
3.      Mengevaluasi mengenai pola dan kadar sikap tindak unit sebagai sasarannya
4.      Mengidentifikasi tentang struktur kekuasaan pada unit sasaran.
5.      Pemilihan opsi atau unsur taktikal strategi public relation.

Peranan Humas di berbagai lapangan, yaitu :
1.      Menginformasikan
2.      Menerangkan
3.      Menyarankan
4.      Membujuk
5.      Mengundang
6.      Meyakinkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar