Saya berpendapat bahwa Mengapa serorang
praktisi PR membutuhkan strategi ?. seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa
Strategi adalah cara seorang PR untuk lebih mengefektifkan dan mengefisienkan
suatu program yang telah direncanakan sebelumnya. PR membutuhkan strategi dalam
setiap aktivitasnya. sebagaimana diketahui sebelumnya, public relation/Humas
bertujuan untuk menegakkan dan mengembangkan suatu “citra yang menguntungkan”
bagi organisasi/perusahaan, atau produk barang dan jasa terhadap para
stakeholdersnya sasaran yang terkait (publik internal dan publik eksternal).
Ahmad S. Adnanputra,M.A., M.S., pakar Humas dalam naskah
workshop berjudul Strategy (1990), mengatakan bahwa arti strategi adalah
bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan produk
dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya perencanaan adalah salah
satu fungsi manajemen. Sebagaimana Manajemen memiiki unsur perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengarahan, dan pengendalian.
Strategi
Humas memiliki arti rencana jangka panjang untuk menyusun berbagai rencana
teknis dan langkah komunikasi yang akan diambil dalam kegiatan kehumasan dengan
memperhatikan jumlah anggaran dan waktu kegiatannya.
Strategi
yang dilakukan oleh Humas pada dasarnya mengacu pada visi misi organisasi dan
harus sejalan dengan strategi perusahaan, sehingga strategi yang dibuat harus
berhubungan dengan perencanaan tersusun jangka panjang yang berhubungan dengan
tujuan perusahaan.
Dalam hal ini, strategi Humas harus mempertimbangkan
cara-cara yang dapat mengintegrasikan semua aktivitas seluruh stakeholdernya.
Untuk itu perlu memahami apa yang ingin diketahui oleh stakeholder yang
berbeda-beda.
Landasan umum dalam proses
penyusunan strategi publik relation, menurut Ahmad S. Adnanputra dalam makalah “
PR Strategy” (1990), yang berkaitan dengan fungsi-fungsi PR/Humas secara
integral melekat pada manajemen suatu perusahaan/lembaga yaitu :
1.
Mengidentifikasi permasalahan yang
muncul
2.
Identifikasi unit-unit sasarannya
3.
Mengevaluasi mengenai pola dan kadar
sikap tindak unit sebagai sasarannya
4.
Mengidentifikasi tentang struktur
kekuasaan pada unit sasaran.
5.
Pemilihan opsi atau unsur taktikal
strategi public relation.
Peranan
Humas di berbagai lapangan, yaitu :
1.
Menginformasikan
2.
Menerangkan
3.
Menyarankan
4.
Membujuk
5.
Mengundang
6.
Meyakinkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar