MANAJEMEN
PUBLIC RELATION (Manajemen Humas)
KAMIS,
24 SEPTEMBER 2015
BY :
SUBAEDA
Manajemen
public relation adalah salah satu Mata kuliah yang mesti di tempuh dalam
jurusan Administrasi Pendidikan. Dengan mempelajari Manajemen public relation
mempunyai kedudukan yang penting bagi Mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan
(AP), karena ilmu di dalamnya membahas tentang bagaimana hubungan kerja sama
melalui komunikasi antar organisasi dan publiknya. Dan untuk menambah skill
Mahasiswa agar lebih berkualitas dan mampu mengaplikasikannya dalam dunia
kerja.
A. Pengertian Public relation
Public relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan
sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara
organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation
dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi
(Coulsin-Thomas, 2002).
Pengertian
public relation adalah: Interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input
yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang
profesional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam
pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan dengan secara terus
menerus karenapublic relation merupakan kelangsungan hidup organisasi yang
bersangkutan (Maria, 2002, p.7).
Hal
ini didukung oleh pendapat Alma yang mengatakan bahwa “public relation adalah
kegiatan komunikasi yang dimaksudkan untuk membangun citra yang baik terhadap
perusahaan” (2002, p.145). Sedangkan Marston mengatakan “public relation adalah
suatu perencanaan dengan menggunakan komunikasi persuasif untuk mempengaruhi persepsi
masyarakat” (1999, p.1). Scholz (1999,p.2) mengatakan bahwa “public relation
adalah suatu perencanaan yang mendorong untuk mempengaruhi persepsi masyarakat
melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial berdasarkan suatu komunikasi timbal
balik untuk mencapai keuntungan pada kedua belah pihak”.
Dari pendapat diatas saya dapat
menyimpulkan bahwa public relation
adalah kegiatan komunikasi, artinya
komunikasi timbal balik antar organisasi dengan publiknya baik internal maupun
eksternal untuk meningkatkan kerja sama yang baik demi tujuan bersama yang
saling menguntungkan baginya. Publik
relation adalah fungsi manajemen secara khusus
yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman,
penerimaan dan kerja sama antara organisasi dengan publiknya,
B. Fungsi Manajemen Public Relation
1.
Memberikan
penerangan terhadap publik
2. Melakukan
persuasi untuk mengubah sikap dan perilaku public
3. Menunjang
kegiatan manajemen untuk pencapaian tujuan
4. Terampil
dalam menerjemahkan kebijakan organisasi
5. Mengintegrasikan
sikap dan perilaku lembaga dengan sikap dan perilaku public.
C. Ruang Lingkup Public Relation
1. Public
Relation Pemerintah pusat
Menyebarkan informasi secara teratur
mengenai kebijakan perencanaan
2. Public
Relation Pemerintah Daerah
a. Memelihara
warganya agar jelas mengenai kebijakan lembaganya.
b. Memberikan
penerangan pada warganya mengenai hak dan kewajiban
c. Memberikan
kesempatan warganya untuk menyatakan pandangan mengenai proyek atau kebijakan
baru sebelum diputuskan.
3. Public
Relation Perusahaan
Mempengaruhi opini public dengan
komunikasi dua arah
4. Public
Relation International
Dalam mengembangkan Humas international
dapat berkembang apabila didukung oleh
a. Pemerintahan
yang mapan dan demokratis
b. Media
yang besar dan merdeka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar